Ad Code

Responsive Advertisement

Pengukuhan Dan Pelantikan Lembaga Masyarkat Adat Suku Abun (LEMASA) Fef 25 September 2020 di Aulah Bupati Tambrau.

 


Pelantikan sekaligus pengukuhan Lembaga Masyarakat Adat Suku Abun(Lemasa), Kabupaten Tambrauw 25 September 2020. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Tambrauw, Mesak Matusalak Yekwam, SH., Para Pimpinan SKPD di lingkungan Kabupaten Tambrauw, LSM, AMAN-Sorong Raya dan masyarakat Adat di distrik Sausapor.


Gabriel Asem, SE, M.Si Selaku Bupati Kabupaten Tambrauw, Stuktur Lembaga Masyarkat Adat Suku Abun dan “Nelwan Yeblo”, dilantik oleh bupati  sebagai Ketua Lembaga Masyarakat Adat suku Abun (Lemasa), Kabupaten Tambrauw. Sesuai  Surat Keputusan Bupati Kabupaten Tambrauw Nomor : 062/220/2020 tanggal 25 September 2020.


 Struktur lembaga masyarkat Adat Suku Abun. Ketua:Nelwan Yeblo,Wakil ketua 1:Apner Yekwam, Wakil ketua 2:Festus Yesnat, Sekertaris:Kundrat Yehudi, Wakil sekertaris 1:Yahyah Dance Yesnat, Wakil Sekertaris 2:Yeheskel Yesnat, Bendahara:Nofelin Yunita Kurni, Wakil Bendahara:Sarlota Yesnat, Biro Urusan Adat:Lukas Yeblo, Biro Hak Adat:Benyamin Yerim, Biro Hukum Adat:Dominggus Yekwam, Biro Pertanahan:Abraham Yeblo, Biro Organisasi Dan Politik:Agustinus Yesyan, Biro Pendidikan Dan Kebudayaan:Kundrat Yeblo, Biro Pemuda Dan Olahraga:Maurit Yesnat, Biro Perempuan Dan Anak:Selfina Yesnat, Biro Perlindungan Pengawasan Dan Pengolahan Sumberdaya Alam:Musa Yekwan, Biro Hukum Dan Ham:Nikodemus Yesawen.



Dalam sambutannya, Bupati tambrau, Pelantikan dan pengambilan sumpah adat Lembaga Masyarkat adat Suku Abun, Harapan dapat menggurus seluruh masyarakat Adat suku abun yang berada di kabupaten tambrau ini, juga menjad mitra pemerintah daerah, bermitra yang baik dengan suku-suku yang ada di kabupaten tambrau ini juga membina suku-suku yang ada. Lembaga Adat ini juga diharapkan membina masalah dan mengurus persoalan hak ulayat di kabupaten ini.


Ketika ada terjadi masalah kecil apapun harus segerah di selesaikan agar tidak membias kemana-mana, “orang tambrau itu santun, ada masalah mari datang duduk baik-baik gelar tikar adat kita duduk bicara”. Dengan santun dan selesaikan. Ujar bupati.


Ketua LMA Suku Abun, Nelwan Yeblo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang bersedia hadir pada acara pelantikan.Nelwan  bertekad akan memeperjuangkan hak-hak masyarakat Suku Abun dan berjuang agar masyarakat Abun bisa hidup lebih layak.



Kundrat Yehudi, menambahkan dengan prose penggukuhan dan pelantikan, ketua dan struktur lembaga masyarkat Adat ini, ditambah dengan prosesi sumpah adat. Ini merupakan tanggung jawap yang sanggat besar juga pekerjaan yang mulia bagaiman kita bisa bantu menyuarakan suara-suara dari kebun, hutan, lembah dan pesisir, ujar kundrat saat di temui sesuada acara pelantikan.

 

Feki Mobalen

BPH AMAN Sorong Raya

Posting Komentar

0 Komentar